preloader

Mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan barang dan/atau jasa, PT Prima Duta Nusantara Sertifikasikan Produk Alat Peraga Pendidikan Untuk Memiliki Nilai TKDN

Alat peraga pendidikan merupakan alat bantu peraga yang digunakan untuk praktikum sekolah dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas serta menengah kejuruan. Produk alat peraga pendidikan memiliki macam – macam spesifikasi yang ditawarkan kepada pengguna jasanya. Spesifikas tersebut sudah sesuai dengan spek yang diberikan oleh dinas pendidikan untuk menjaga kualitas dan keamanan dari pengguna produk tersebut.

Saat ini dalam proses tender dan lelang diseluruh jajaran kementrian sudah mewajibkan untuk melampirkan sertifikat TKDN dari perusahaan yang mengikuti proses tender atau lelang dikarenakan guna menekan penggunaan produk import dalam proses lelang dan tender pada pengguna barang dan jasanya. Dari Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2018 Tentang “Pemberdayaan Industri” dipasal 57 dimana produk dalam negeri sudah wajib harus digunakan oleh lembaga negara, kementrian, lembaga pemerintah non kementrian, lembaga pemerintah lainnya, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, badan usaha swasta dalam pengadaan barang atau jasa dan satuan kerja perangkat daerah dalam pengadaan barang atau jasa apabila sumber pembiayaan berasal dari pendapatan dan belanja daerah, termasuk pinjaman atau hibah dari dalam negeri atau luar negeri. Kemudian Inpres No.2 Tahun 2022 dimana dalam isinya menyebutkan bahwa untuk kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan/atau produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi termasuk belanja yang dialokasikan melalui transfer daerah. Maka dari itu produk alat peraga menjadi salah satu produk dalam negeri yang harus didukung dan digunakan dalam setiap praktikum di sekolah.

PT Prima Duta Nusantara merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi produk alat peraga pendidikan untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan. Guna mendukung kebijakan dari bagian pengadaan barang/jasa, PT Prima Duta Nusantara melakukan sertifikasi untuk produk parsial kit fisika SMP dan Kit Matematika SMP. Untuk kit fisika smp terpecah menjadi Kit Mekanika, Kit Hidrostatika dan Panas, Kit Listrik dan Magnet, Kit Optika, dan Kit Koli Umum. Sehingga dengan memiliki sertifikat TKDN yang disahkan oleh kementrian perindustrian, dapat mengikuti proses tender atau lelang yang diadakan oleh pemerintah. Selain di pengadaan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) pun sudah mewajibkan untuk setiap perusahaan memiliki sertifikat TKDN guna bisa tayang di e-katalog mereka.

Maka dari itu, gunakanlah produk dalam negeri (PDN yang dimana membantu para Industri Kecil Menengah (IKM)/ Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sehingga membantu perekonomian indonesia bisa pulih lebih cepat karena anggaran yg digunakan tidak keluar dari indonesia. (VDC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com